Skip to main content

Choice of Love


Siapa tuh, Din?” Tanya Loli

Kak Ridho. Anak 98, dia kan ikutan seminar juga.”

" Oh yang waktu itu main keyboardnya jago banget yah pas acara pentas musik"

" Anda benar!!!”

Lucu juga yah ?”

Dasar loe, mau dikemanain cowok loe.”

Gue kan cuma bilang lucu doang.”


Mata Loli tidak dapat lepas dari sosok Ridho. Cowok itu ga cakep-cakep banget, malah bisa dibilang ga cakep sama sekali. Tubuhnya kurus dengan kacamata minus di hidungnya. Tapi kalau ingat bagaimana dia memainkan I’ll be over you nya Toto dengan keyboardnya. Omigod…jadi ganteng banget mukanya. Apalagi dari dulu Loli emang selalu ngefans sama cowok yang bisa main musik. Menurutnya cowok yang bisa main musik itu segahar apapun tampangnya pasti lembut hatinya. Cie…

Ups, dia nengok dong. Loli buru-buru memalingkan wajahnya ke tempat lain. Dan pura-pura sibuk mengatur ini-itu jalannya seminar. Tapi ketika matanya melirik lagi ke tempat Ridho, Omigod dia masih ngeliatin Loli dan malah dengan manisnya tersenyum sama Loli. Loli mau tidak mau membalas senyum Ridho, tapi lalu sok cool ngobrol sama Dina di sebelahnya. Dia melihat Ridho ngobrol sama kak Alex anak 98 juga sambil menunjuk-nunjuk ke arah Loli. “Mati gue.” kata Loli dalam hati.

Loli, siapin makanan dulu yuk?” tiba-tiba terdengar suara Titi si seksi konsumsi menyelamatkan dirinya. Fiuuuhhh, Save by the bell, kata Loli dalam hati. Sambil berjalan mengikuti Titi ke arah ruang makan.

*****

Halo, Loli?”

Iya, siapa nih ?” Tanya Loli heran. Siapa sih sok nelpon2 ke kamar segala. Sebentar lagi juga dia akan kembali lagi ke tempat seminar.

Ini Ridho.”

Haahh..Omigod. Kenapa dia ?

Ga kenal yah ? Ridho anak 98.”

Tahu kok. Bukannya sekarang masih acara seminar?” Tanya Loli sok akrab.

Iya sih, tapi boring. Gue kan ikut buat formalitas doang. Biar ada yang bisa ditulis di CV, maklumlah udah dikejar-kejar dekan disuruh cepet lulus” kata Ridho sambil ketawa,” Ke sini dong, Lol. Eh ga enak banget yah manggilnya Lol, nama kamu sebenernya siapa sih?”

Gila nih cowok cerewet juga yah, padahal baru kenal, kata Loli dalam hati.

Shafina Lorlita.”

Wah bagus banget namanya, kaya orangnya. Hehehehe, gue panggilnya Muti aja yah?”

Ih apa hubungannya.”

Abisnya kamu imut sih kaya melati.”

Terserah deh.”

Ke sini dong, biar bisa ngobrol-ngobrol.”

Ini juga mau ke sana lagi kok. Barusan Cuma ke kamar mandi doang.”

Ya udah gue tunggu yah ?”

*****

Ternyata enak juga ngobrol sama Ridho. Cowok itu lucu banget, sunda banget. Loli memang tidak pernah ngobrol berdua sama dia, selalu ramai-ramai karena kemanapun Ridho pergi, pasti ada yang mengikutinya, temen-temennya Loli juga sepertinya nge-fans sama Ridho.

Kok saya kaya ga pernah liat kamu sih dikampus?” Tanya Ridho, masih di acara seminar.

Kamunya aja ga gaul. Atau ga pernah ke kampus.”

Iya euy, abis males banget. Keasikan main musik, jadinya gini deh. Orang-orang mah udah pada lulus. Gue masih bareng angkatan kamu gini. Tapi sekarang bisa kenalan sama kamu, gue jadi semangat lagi kuliah.”

Masa sih ? jadi ge-er nih,” kata Loli becanda.

Beneran, kamu udah punya cowok yah ?” Tanya Ridho tiba-tiba.

Kok tiba-tiba nanya gitu. Apa hubungannya?’ Tanya Loli sambil ketawa.

Delon itu siapa ?”

Anak Itenas. Kok tau sih ? emangnya kenal yah ?” Tanya Loli curiga. Gawat juga kalau ternyata Ridho itu temanya Delon. Mati gue…

Udah, ga usah panik gitu, gue juga udah punya cewek kok.”

Loli menarik nafas lega,” Udah tau kok. Gue kira kamu temannya Delon. Tahu darimana?”

Dari situ.” Jawab Ridho sambil menunjuk file kuliah Loli, yang ada tulisannya Loli loves Delon. Sialan, kok gue bego banget sih…

*******

Ada salam dari Ridho,” kata Dina,” Elo serius yah sama dia ? Terus Delon dikemanain dong ?”

Loli tersenyum berusaha menahan debaran jantungnya. Omigod, dapet salam aja gue udah deg-degan gini.

Yah just for fun aja. Lagi pula dianya juga punya cewek. Nothing to loose kan ? Gue kan emang nge-fans sejak dia main keyboard di acara angkatan kita dulu.”

Ya udah. Gue cuma ga enak aja ditanyain sama anak-anak angkatan 98 tentang elo serius atau enggak sama Ridho. Soalnya si Ridho itu pacarannya udah lima tahun sama ceweknya ini. Udah mau kawin lagi katanya.”

Tenang aja. Gue ga akan ganggu dia, lagipula Delon mau dikemanain? Gue Cuma seneng aja ngobrol sama dia dan gue lagi pengen diajarin keyboard sama dia.”

Ya udah kalau gitu, sebagai temen loe gue cuma ngingetin aja. Don’t play with fire if you don’t want to get burned.”

Thanks yah, Din. You’re the best.”

*******

Mau pulang yah,Mut?’ Tanya Ridho sambil mengejar Loli.

Iya. Kenapa mau ikut ?” tantang Loli.

Boleh ? “ kata Ridho dengan muka cerah.

Boleh aja, tapi jangan ngerepotin yah ?” kata Loli, lagi pula Delon lagi ke Jakarta. Dia pasti bete kalau harus ngelewatin malam minggu ini sendirian.

Iya deh, ga akan ngerepotin. Kita makan dulu yuk ke cisangkuy?”

Traktir yah ?”

Oke, boss.”

Kok malam minggu, kamu malah makan sama aku sih, Dho? Astrid gimana ?”

Udahlah, ga usah ngomongin dia. Sebenernya gue ngerasa udah ga cocok sama dia. Gue lagi berusaha pelan-pelan ngejauh dari kehidupan dia. Kasian dia jadi terlalu bergantung sama gue.”

Yah ga apa-apa dong. Namanya juga sama cowoknya.”

Tapi dia jadi manja banget. Kemana-mana harus gue anter, padahal kan ga setiap saat gue bisa. Lama-lama gue jenuh juga. Gue pengennya dia belajar mandiri dulu, biar kalau ada apa-apa sama kita dia udah siap.”

Bukannya kamu udah lama banget pacarannya ? Terus gue juga pernah ketemu sama Astrid, cantik banget yah, dewasa banget.”

Iya, dia emang udah kerja. Tapi gara-gara suatu kejadian, gue jadi il-fil sama dia.”

Kejadian apa?”

Dia pernah selingkuh sama bossnya. Waktu itu gue jemput dia malem-malem di kantor. Gue sengaja mau ngasih kejutan sama dia. Pas gue sampe ternyata dia lagi ada di mobil berduaan sama bossnya. Lagi ciuman”

Oh yah, terus gimana ?”

Yah gue marah banget. Gue langsung gedor-gedor jendelanya. Astrid keliatannya kaget banget. Tapi abis itu gue langsung cabut aja. Dia ngejar gue. Dia langgsung ke rumah gue nangis-nangis. Nyokap bokap gue kan udah sayang banget sama dia. Jadinya dia dibelain, malah gue yang dimarahin.”

Kenapa ga kamu putusin aja?” Tanya Loli polos,” Eh sorry, bukannya gue provokator. Cuma kok teganya dia gituin cowok sebaik kamu.”

Gue baek yah…hehehe,” tawa Ridho sambil megang tangan Loli. Loli refleks menarik tangannya, mukanya langsung berubah merah.

Ih ge-er.”

Itu juga udah mau gue putusin, tapi dianya nangis-nangis, terus dia kan punya astma, besoknya astmanya parah sampai harus dirawat di rumah sakit. Yang bikin gue bertahan yah Cuma nyokapnya punya penyakit jantung dan beliau pernah pesen sama gue untuk jagain astrid karena bokapnya kan udah meninggal,” Ridho menarik nafas panjang,” Lho? Mut ? Kok kamu nangis gitu ?”

Loli menghapus air mata di pipinya,” abis sedih banget ceritanya. Kaya novel aja yah ?”

Aduh, ada cewek imut nangis,” kata Ridho sambil memeluk Loli,” Tadinya piker, gue udah ga bisa tertarik sama cewek lain, tapi pas liat kamu di seminar itu, feeling gue bilang, kalo she’s the one. Dan ternyata bener, cewek itu bikin gue pengen serius kuliah lagi, bikin gue bisa ketawa lagi.”

Ridho mengangkat dagu Loli dengan tangannya, bibir mereka hanya berjarak sepuluh senti satu sama lain. Matanya menatap lekat mata Loli, dan Loli tak kuasa untuk melepaskan diri dari pelukan Ridho yang nyaman. Tak terasa bibir Ridho menyentuh lembut bibirnya. Hangat, meskipun hanya sesaat. Loli tersentak melepaskan diri dari pelukan cowok itu.

Eh, sori yah, Mut. Abis gue ga tahan, gue ngerasa udah deket banget sama kamu, meskpun kita baru dua minggu kenal.”

Loli menggelengkan kepalanya pelan, berusahan menenangkan debaran jantungnya.

It’s Ok,” kata Loli lirih,” I’m feeling the same way too,” lanjutnya dalam hati.

Tiba-tiba ponsel Ridho bergetar,” Ya, hallo. Dimana ? Cuma bentar aja kan ? just as a friend. See you there?” Ridho mematikan ponselnya,” Astrid.” Katanya tanpa ditanya,” Adiknya manggung di fame. Dia ngajak aku nonton. Kamu ga keberatan kan ?

Loli berusaha menyembunyikan perasaannya,” No problem. Siapa gue ?” katanya tegar meskipun, tak dapat dipungkirinya kalau ada rasa cemburu muncul di hatinya.

Ridho mengacak rambut Loli gemas,“ Ya udah, gue antar pulang yuk?”

*******

Sejak hari itu hari-hari Loli tidak pernah dilewatkan tanpa Ridho di sisinya. Meskipun hanya sebatas di kampus saja. Tapi Loli merasa Ridho sudah menjadi bagian dari hidupnya. Sementara hubungannya dengan Delon juga tidak ada yang berubah, di kampus ada Ridho, di luar ada Delon. Sejujurnya Loli benar-benar menikmati hal itu. Apa yang tidak ada dalam diri Delon diperolehnya dari Ridho, dan sebaliknya.

Gimana kamu sama Delon, Mut ?” Tanya Ridho suatu hari ketika mereka sedang makan siang di restoran di Lembang.

We’re on our best. Kamu gimana?”

Ridho menghela nafas,” Cant help to feel jealous to him. He’s so lucky. Kamu masih sayang sama dia,mut?”

Yah, iyalah. Saat ini bener-benar gue dan dia lagi baik-baik aja. Astrid gimana?”

Rencanannya malam ini gue mau mutusin dia. Gue ga bisa ngebiarin dia kayaknya gini. Kayaknya ga adil buat dia. Gue selalu ngehindar telepon dia. Dan gue ga pernah datang lagi ke rumahnya.”

Yah, emang harusnya gitu.”

Kita jadian beneran aja yuk, mut ? kamu putus sama Delon, gue bakal putusin astrid.”

Loli terdiam, terus terang dia tidak tahu harus berbuat apa. Meskipun memang dirasakannya perasaannya pada ridho semakin tumbuh dan berkembang di hatinya.

Gue ga bisa.Gue belum siap ngomonginnya ke Delon.”

Terus gue gimana ? Kamu ga sayang sama aku, Mut ?”

Sayang banget. Gue sayang elo berdua. Tapi elo kan punya Astrid.”

Gue janji bakal mutusin dia. Tapi gue mau elo jadi cewek gue,” Loli melihat mata Ridho berkaca-kaca.

Gue ga pernah ngerasa sesayang ini sama cewek kayak gue sama elo sekarang,Mut.”

Biarin aja berjalan apa adanya, Dho. Sampe kita tahu hubungan kita ini mengarah kemana,” kata Loli sambil memeluk Ridho. Sejujurnya, dia tidak mau kehilangan cowok ini

*******

Kadang Loli bingung, kenapa tiba-tiba harus ada Ridho dalam hidupnya. Kenapa Ridho harus dengan terang-terangan menyukainya Padahal Ridho sudah punya Astrid yang menurut Loli sangat cantik dan anggun. Pokoknya beda banget dengan Loli yang imut dan kekanakan. Tapi dia juga bingung dengan perasaannya sendiri, apa kurangnya Delon cowoknya yang sekarang. Kata orang-orang Delon cakep, pintar, bisa main basket lagi. Dan yang pasti Delon itu sangat romantis, seperti sore ini tiba-tiba saja dia mengajak Loli makan malam di sebuah kafe di daerah Dago atas.

Ada apa sih, Lon. Kok tiba-tiba ajak aku ke tempat ini?”

Pengen aja, udah lama kita ga makan di luar. Kamu senang ?”

Loli tersenyum dan menganggukan kepalanya. Sempurnanya cowok ini, apa yang kurang dari diri Delon, kenapa dia malah kangen Ridho yang cenderung cuek dalam berpakaian maupun dalam bersikap.

Kok malah bengong, yang. Kenapa, lagi ada masalah?”

Loli menggelengkan kepalanya,” I’m fine. Just wondering how romantic out here.”

Delon menggenggam tangan Loli, dan menatap gadis itu lekat.

Ga tahu kenapa, akhir-akhir ini gue merasa jauh sekali dari kamu. Kita udah jarang ketemu, jarang telepon, karena yah kita berdua memang lagi sama-sama sibuk. Gue takut kehilangan kamu, yang?” kata Delon lembut.

Tiba-tiba tangan Loli terasa dingin. Jangan-jangan Delon sudah tahu kedekatannya dengan Ridho beberapa minggu terakhir ini.

Jangan pernah tinggalin gue yah? Gue sayang banget sama kamu,” pinta Delon.

Loli hanya dapat mengganggukan kepalanya. Kenapa saat ini tiba-tiba dia malah merindukan kehadiran Ridho di sisinya.

Maafkan aku, Delon,” bisik Loli di dalam hati.

******

Tiba-tiba saja Ridho menghilang, sudah seminggu Loli tidak bertemu dengannya. Menelepon ke ponselnyapun tidak pernah diangkat. Padahal Loli sudah tidak sabar ingin menyatakan perasaannya kepada cowok itu. Namun hari itu Loli melihatnya di kampus, dalam kondisi lesu dan kucal.

Gue ga jadi mutusin Astrid, mut. Pas hari itu, begitu gue datang dia nyambut gue dengan gembira. Tapi pas gue ngomong putus, dia langsung histeris dan ngancam mau bunuh diri. Dia langsung ngunci diri di kamar. Gue sama mamanya langsung panik. Akhirnya yah, gue tinggalin aja sambil pesan ke mamanya kalau ada apa-apa harus telepon gue.”

Ya ampun. Ini semua gara-gara gue yah, Dho? “ Loli tidak dapat menahan rasa takutnya.

Ga, Mut. Ini emang keputusan gue. Gue ga bisa begini terus. I should move on.”

Tapi sekarang astrid udah ga apa-apa kan, Dho?”

Astrid baik-baik aja. “

Syukur deh, tapi kok kamu kenapa sedih gitu,DHo?”

Tiba-tba Ridho terisak di atas setir mobilnya. Loli memeluk cowok itu. Ridho merebahkan kepalanya di dalam pelukan Loli.

Gue sedih karena kehilangan anak gue,Mut.”

Loli tersentak kaget.

Ternyata pas hari gue mutusin dia, astrid baru tahu kalau dia hamil. Makanya dia jadi histeris begitu gue putusin. Dia bilang sebelumnya dia udah coba ngehubungin gue untuk ngasih tau kabar baik itu, tapi ga bisa. Besoknya, setelah gue putusin, dia sama temennya langsung cari tempat untuk aborsi. Bayinya udah digugurin, tapi ternyata ga bersih, Astrid pendarahan kena infeksi. Mamanya panik dan nelpon gue, gue waktu itu baru mau berangkat ke kampus, gue kangen banget pengen ketemu elo udah lama, mut. Terpaksa gue ke rumah Astrid, gue shock banget, gue ngerasa berdosa. Harusnya gue lima bulan lagi udah jadi ayah, mut.”

Loli terdiam, kenapa semua jadi rumit begini?

Gue bingung, Mut. Gue pengen bareng elo, gue sayang sama elo. Tapi sekarang gue ga bisa ninggalin Astrid, gue ngerasa bersalah sama dia.”

Ya sudahlah,Dho. Mungkin sudah begini jalannya. Gue juga sayang kamu, tapi bukan berarti kita harus bersatu kan, DHo?”

Elo harus kembali sama Astrid. Dia lebih butuh kamu dibanding gue.”

Gue sayang elo banget, mut. I can’t Live without you.”

I love you too, Dho.”

Ridho memeluk Loli lama. Dua tetes air mata menetes di pipi mulus Loli. Masih diingatnya penggalan sms yang dikirimnya untuk Delon tadi malam,” I’m so not for you. Please forget me.”


"Love is a choice you make from moment to moment"

(Barbara de Angelis)


Oct 04, By didi

Comments

Anonymous said…
nice one

Popular posts from this blog

Her World

Jam dinding di sebuah pusat kebugaran di selatan kota Jakarta menunjukkan tepat pukul 8 malam. Meskipun udara di dalam studio yoga terasa sangat dingin, Tanya mengelap keringat yang menetes di keningnya. Kaos tipis yang dikenakannya seakan menempel di tubuhnya, basah oleh keringat. Setelah melakukan berbagai pose yoga mulai dari downward-facing dog, plank pose, chaturanga dandasana dan diakhiri dengan salamba sirsasana atau supported headstand , Tanya merasa pikirannya lebih tenang. That's the power of yoga. Seluruh pose yoga seakan dapat merilekskan otot-ototnya sekaligus pikirannya. Sambil berjalan menuju locker room, Tanya membalas sapaan beberapa orang yang telah lama dikenalnya sejak dia menjadi anggota di pusat kebugaran ini. Membuka gembok lockernya, mengambil perlengkapan mandinya, sambil sekilas membaca pesan Andri di smartphonenya. “ Babe, I'll be at coffee shop outside. Meet me when you finish.” Tanya tersenyum, membayangkan pasti sekarang Andri sedang sibuk be

Makan pecel yuuuk....

Pecel Madiun Serpong the famous pecel madiun....hmmmm.... es dawet a.k.a cendol the place can fulfill your passion to shop too Cheers, Dhidie

A piece of Crab from Prawn City

sedikit oleh2 cerita dari kota cirebon. berangkat jam 7 malem sampai jam 2.30 pagi. what a trip. bekal kangen sama anak dan niat reuni SMP yang kuat, sempet dua kali berhenti di rest area, hopeless macet di pantura, muter balik ke arah bandung. Thank's God, arrived safely. cirebon only means two words, food and food. must visit teteup toko Shinta Manisan (ranginang keju dan rambak pedes). must eat foodsnya teteup tahu gejrot dan empal gentong (sumpah ga pake lontong) bonusnya nemu krupuk melarat pake sambel dan otak2 enakplus teh manis tong tji dingin dan mendoan berbumbu kecap. kenyang, puas masih ada Jack POT-nya Fried Rajungan (small crab) di depan toko Shinta, terakhir makan sepuluh tahun yang lalu. yang satu reuni sama temen2nya yang satu reuni sama makanan jaman dulu